Syarhil Qur'an Fastabiqul Khairat

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهْ.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ لِلّٰهْ وَشُكُرِ اللّٰه ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامْ عَلٰى رَسُوْ لِلّٰه لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ.
وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوْا الْخَيْرَاتِ ۖ اَيْنَ مَا تَكُوْنُ يَأْتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا  ۖ إِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ .

اَمَّا بَعْدُ ...

Hadirin yang dirahmati Allah ,
Alhamdulillah, Segala puja dan puji marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena berkat rahmat dan hidayahNya kita dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat wal ‘afiyat.
Shalawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi kita Khatamul anbiya ialah Habibana wa Syafii’ana wa Maulana Muhammad SAW. Karena berkat dakwahnya kita semua mendapatkan cahaya dari sebuah agama yang Teristimewa di mata Allah SWT.
Semoga kita semua termasuk kedalam umat beliau yang selalu taat dan patuh akan sunnah nya. Aamiin
            Yang kami hormati Bapak Kepala sekolah, Guru-guru, Tokoh Masyarakat, serta para hadirin sekalian,  juga teman-teman yang kami cintai.
            Dalam kesempatan yang berbahagia ini kami hendak menyampaikan sebuah Syarhil Qur’an dengan judul : “Fastabiqul Khairat” yang artinya berlomba-lomba dalam kebaikan.
            Tema ini kami ambil dari firman Allah Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 148 yang akan dibacakan oleh saudara Zaki Arrahman :
اَعُوْذُ بِا اللهِ مِنَ الشَيْطَانِ الرَّجِيْمِ ۞ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ .

وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوْا الْخَيْرَاتِ ۖ اَيْنَ مَا تَكُوْنُ يَأْتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا  ۖ إِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ .
Artinya :
            (aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, dengan menyebut nama Allah yang Mahapengasih lagi Mahapenyayang)
             “ dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan, dimana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.”
           
Hadirin yang senyumnya mendapat pahala J
            Di dalam ayat ini Allah telah menyatakan bahwa merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim supaya tegak dan teguh dalam melakukan kebaikan. Dan tidak hanya sekedar maju dalam kebaikan, tetapi terus berupaya juga untuk saling mendahului di dalam hal kebaikan. Sebab kebaikan itulah yang diantaranya membuat kita sebagai orang-orang yang paling baik di mata Allah SWT.
            Sebagaimana firman Allah Al-Qur’an surat Al-Bayyinah ayat 7 :

إِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوْا الصَّٰلِحٰتِ أُولٰۤئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ. (صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمِ)
Artinya :
            “ sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.” (maha benar Allah dengan segala firmanNya)

Hadirin yang di rahmati Allah
            Telah kita ketahui, Saat ini teknologi begitu marak berkembang, mulai dari perangkat komputer hingga telepon seluler bahkan sampai alat-alat rumah tangga semuanya begitu canggih disertai harganya yang terjangkau dengan tujuan utama making life easier. Semua itu merupakan karya dari sebuah usaha berlomba-lomba dalam kebaikan dalam hal mempermudah segalanya dengan teknologi yang semakin terkini.
            Namun sayang, kebanyakan produk-produk tersebut berasal dari upaya kalangan orang non muslim. Maka dari itu, teman-teman ku sekalian kita sebagai generasi muda jangan mau kalah dan puas dengan hanya berperan sebagai konsumen dari produk mereka ! kita harus bangkit dan bergerak untuk melakukan kebaikan dimulai dari sekarang.

            Dengan upaya nyata : Biasakan diri untuk bertindak positif dan bermanfaat, seperti belajar, membaca, berdiskusi, meneliti, dan membuat sebuah karya yang bernilai. Setelah itu kita sebagai orang beriman patut berdo’a dan betawakkal kepada Allah SWT., perbanyak sedekah dan shalat 5 waktu, mudah-mudahan apa yang kita lakukan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain baik di dunia maupun di akhirat.

insyaa Allah gerakan Fastabiqul Khairaat tidak akan pernah sia-sia. Karena tidak semata-mata Allah memerintahkan sesuatu melainkan ada kebaikan di dalamnya begitu pula sebaliknya.

            Semoga di masa depan nanti kita bisa menjadi generasi penerus bangsa yang terus berkarya, menjadi penggebrak peradaban dan senantiasa terus menerus semangat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Aamiin
Yakin kan dalam diri kita, yakin akan Allah SWT. ! man jadda wa jadaa !
Gemakan takbir :
Allaahu Akbar !!
Allaahu Akbar !!
Allahu Akbar !!

Hadirin yang di rahmati Allah,
            Demikian kiranya yang dapat kami sampaikan, apabila terdapat kelebihan di dalamnya kami bersyukur karena itu semata-mata merupakan kehendak Allah SWT,. Dan kami mohon maaf apabila terdapat kekurangan di dalamnya karena itu semata-mata mutlak kesalahan kami.
Akhirul kalam, billaahit taufiq wal hidayah


وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.


Syarhil Qur'an ini dibawakan oleh murid-murid kelas 5 MDTA Al-Hikmah

Pensyarah : Gladys Arya Krisna Aloevera
Saritilawah : Suci Aulia
Qari : Muhammad Zakki Arrahman
lebih jelasnya penampilan mereka bisa dilihat disini
saya sebagai guru cukup bangga melihat kepiawaian mereka dalam membawakannya.
semoga kelak menjadi penerus bangsa yang baik, dan menjadi anak yang shaleh shaleha. اۤمِيْنْ... :)








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Pengertian Perencanaan, Prinsip, Tujuan dan Fungsi Perencanaan Pembelajaran. untuk mata kuliah Sistem Pengajaran PAI

Pidato singkat : "Mencari ilmu sepanjang hayat"