Tujuan Pendidikan dalam Islam

Pendidikan merupakan suatu aspek yang sangat penting terhadap pembentukan karakter seseorang, dan guru adalah tonggak pendiri ilmu pengetahuan. ia berperan sebagai inti, asas, dan elemen utama dalam pendidikan. Guru adalah asas dan batu pondasi dalam sistem pendidikan.
Tidak ada yang mengingkari bahwa adanya metodologi belajar mengajar yang baru, buku-buku yang menarik, dan bangunan-bangunan pendidikan yang megah, berkat adanya guru yang baik lagi tulus dalam mendidik dengan akal dan hatinya.
Adapun Guru semata-mata tidaklah ia mendidik tanpa memiliki tujuan yang pasti, sebagaimana Rasul yang bertugas untuk menyampaikan risalahNya kepada seluruh manusia dengan tujuan menyempurnakan Akhlak dan Menegakkan Tauhid melalui agama Islam yang rahmatan lil 'alamin.
Maka, Guru sebagai pendidik ia memiliki tujuan :

1. Menyiapkan manusia yang beriman.

2. Menjalankan kewajiban sebagai Khalifah di bumi, yaitu dengan mengenal semua ciptaan Allah yang ada di muka bumi ini.

3. Menyiapkan Akhlak Islami, yaitu dengan menjelaskan antara akhlak mulia dan akhlak tercela. kemudian, kita mensupport para murid untuk memiliki sifat yang mulia dan menjauhi akhlak tercela.

4. Menyiapkan manusia yang berbudaya dan berpendidikan dalam segala bidang yang bermanfaat bagi dirinya, baik di dunia maupun di akhirat.

5. Mengenalkan nilai-nilai sosial dalam diri manusia. dengan menegaskan bahwa setiap individu memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat. dengan ini, islam memberikan beberapa batasan dan barometer berinteraksi di dalam masyarakat. "...Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran..." (Al-Maidah : 2)





dikutip dari buku :
Menjadi Guru yang Dirindu (Mahmud Khalifah, Usamah Quthub)
Hasil gambar untuk buku menjadi guru yang dirindu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Pengertian Perencanaan, Prinsip, Tujuan dan Fungsi Perencanaan Pembelajaran. untuk mata kuliah Sistem Pengajaran PAI

Pidato singkat : "Mencari ilmu sepanjang hayat"

Syarhil Qur'an Fastabiqul Khairat